Doa Doa Dibidang Kesehatan 1

March 14, 2019 | Author: galuhdr | Category: N/A
Share Embed Donate


Short Description

doa...

Description

1

DOA-DOA DIBIDANG KESEHATAN

1.

Doa ketika masuk ruang pasien

 Arti: Tidak membahayakan membahayakan,, insya Allah.

2.

Doa kesembuhan pasien

,

,

,

 Arti: Ya Allah, Tuhan sekalian sekalian manusia.. Hilangkanlah Hilangkanlah penyakit; sembuhkanlah, sembuhkanlah, Engkaulah Engkaulah Yang Maha Menyembuhkan penyakit. Tidak ada kesembuhan, kecualim kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang menghilangkan sakit dan penyakit.

3.

Doa kesembuhan penyakit pada diri sendiri

7x



3

×

 Arti : Dengan nama Allah 3 x. Saya berlindung dengan kebesaran Allah dan kekuasaanNya dari segala keburukan yang saya derita dan sya khawatirkan 7x.

4.

Doa untuk pasien yang kecil harapan sembuhnya

  Arti : Ya Allah. Allah. Tolonglah diri saya saya dari kesulitan kesulitan kematian dan dan sakaratul maut. maut.

5.

Doa untuk memudahkan persalinan pasien: a.

1|Page

Dibacakan ayat Kursi :

2

                                                           Arti: Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. KepunyaanNya apa yang di langit dan di bumi. tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendakiNya. Kursi[161] Allah meliputi langit dan bumi. dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha besar.

b.

Kemudian dibaca doa:

                                   Arti: Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang Telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu dia bersemayam di atas 'Arsy[548]. dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam. 2|Page

3

PERAWATAN JENAZAH I.

DOA KETIKA MENDENGAR PASIEN MENINGGAL DUNIA :

 Artinya: Sesungguhnya kami milik Allah, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada-Nya

II.

DOA KETIKA BERADA DI SISI JENAZAH :

  Artinya: Ya Tuhanku, ampunilah aku dan dia, dan berilah aku dari padanya ganti yang baik.

III. PERAWATAN AWAL TERHADAP PASIEN MENINGGAL 1. Memejamkan mata dan mulut 2. Mengikat dagu agar mulut tetap tertutup 3. Meletakkan kedua tangan di dada dalam posisi sedekap 4. Mengikat kaki/jempol agar tetap rapat Doa :

 ,  Artinya : Ya Tuhanku, ampunilah dia, dan angkatlah derajatnya beserta orang-orang yang mendapat petunjuk, dan berilah ganti dalam keturunannya yang akan datang, ampunilah kami dan dia ya Tuhan semesta alam, lapangkanlah kuburnya, dan terangilah dia didalamnya.

IV. MEMANDIKAN JENAZAH 1. Menempatkan jenazah pada tempat khusus pemandian jenazah dalam ruang tertutup 2. Menyiapkan air bersih 3|Page

4

3. Menyiapkan air kamper 4. Menyiapkan air bidara Doa :

  Artinya : Saya niat memandikan untuk memenuhi kewajiban dari jenazah (laki-laki) ini karena Allah Ta'ala V.

MENGKAFANI JENAZAH 1. Melapisi badan dengan kapas yang telah ditaburi bubuk kayu cendana 2. Menutup jenazah dengan kain kafan rangkap 3 untuk jenazah pria, dan rangkap 5 untuk  jenazah wanita 3. Mengikat kain kafan 5 ikat 4. Memberikan minyak wangi Doa :

 Artinya: Ya Allah, sucikanlah simayat ini dari dosa sebagaimana sucinya kain kafan ini, dan berilah ia pakaian dengan pakaian taqwa, dan indahkan ia dengan pakaian yang aku pakaikan kepadanya.

VI. MENSHALATKAN JENAZAH 1.

Niat a.

Membaca Basmalah:

 Arti: Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang

b.

Niat: menyengaja untuk melakukan shalat janazah atau boleh juga dibaca dalam hati:

4|Page

5

 Arti: Saya niat shalat janazah dengan empat kali takbir sebagai fardhu kifayah karena  Allah Ta’ala

2.

Takbir Pertama

3.

Membaca Surat Al-Fatihah:

                                     Arti: 1. Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang 2. Segala puji[2] bagi Allah, Tuhan semesta alam 3. Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. 4. Yang menguasai[4] di hari Pembalasan 5. Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan Hanya kepada Engkaulah kami meminta  pertolongan 6. Tunjukilah kami jalan yang lurus, 7. (yaitu) jalan orang-orang yang Telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

4.

Takbir Kedua

5.

Membaca Shalawat Nabi:



, ,

, ,

5|Page

6

 Arti: Ya Allah, berikanlah kesejahteraan kepada Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah memberikan kesejahteraan kepada Ibrahim dan keluarganya. Berkatilah Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah memberkati Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Bijaksana.

6.

Takbir Ketiga.

7.

Membaca doa untuk jenazah:

 

,

,

,

, ,

 Arti: Ya Allah, ampunilah dia, kasihilah dia, maafkanlah dia, sentosakanlah dia, muliakan tempatnya, lapangkan kuburnya, sucikanlah dia dengan air, embun dan es, sucikanlah dia dari kesalahan-kesalahannya, sebagaimana sucinya kain putih dari kotoran. Gantikan rumahnya dengan rumah yang lebih baik dari rumahnya, dan gantikan keluarganya dengan keluarga yang lebih baik. Masukkan dia ke dalam surga dan jauhkanlah dia dari siksa kubur dan siksa neraka.

8.

Takbir Keempat

9.

Membaca doa:

,

,

 Arti: Ya Allah, janganlah Engkau tahan untuk kami pahalanya, janganlah Engkau tinggalkan fitnah untuk kami setelah kepergiannya, dan ampunilah kami serta dia.

10. Membaca Salam:

6|Page

7

 Arti: Semoga keselamatan, kasih saying dan berkah Allah tetap diberikan kepada kamu sekalian.

VII. MENGUBURKAN/MEMAKAMKAN JENAZAH 1. Doa memasukkan jenazah ke liang lahat :

/  Artinya :  Dengan nama Allah dan atas agama Rasulullah/Sunnah  Rasulullah” 2. Memasukkan jenazah keliang lahat dari arah lubang bagian kaki 3. Meletakkan jenazah dalam posisi miring menghadap kiblat dengan mengganjal bagian tubuh menggunakan tanah yang sudah dipadatkan agar posisi jenazah tidak berubah 4. Membuka ikat kain kafan 5. Membuka kain kafan bagian muka agar menyentuh tanah 6. Menutup lubang dengan kayu/bambu agar jenazah tidak langsung teruruk tanah 7. Menimbun lubang dengan tanah 8. Mendoakan jenazah sebelum meninggalkan kuburan/makam Doa :

 Artinya :  Allah, ampunilah dia, ya Allah teguhkanlah dia.

VIII. ZIARAH KUBUR 1. Hukum ziarah kubur adalah sunah, baik bagi p ria maupun wanita 2. Waktu ziarah kubur adalah bebas 3. Doa ketika masuk kuburan/makam :

 Artinya: Semoga Allah melimpahkan keselamatan kepadam wahai penghuni kampung orangorang beriman, dan sesungguhnya kami insya Allah akan menjumpaimu. Saya mohon kepada Allah keselamatan kami dan kamu sekalian.

4. Doa ketika ziarah kubur :

 Artinya: 7|Page

8

Semoga Allah membesarkan pahalamu, membaguskan penghiburmu, dan mengampuni dosa-dosa orang yang meninggal darimu.

5. Tujuan/kegunaan ziarah kubur a. Bagi jenazah yang diziarahi : mendoakan b. Bagi orang yang berziarah : mengingatkan akan kematian

8|Page

View more...

Comments

Copyright ©2017 itdaklak.info Inc.
SUPPORT itdaklak.info