issue legal dalam praktek kebidanan

March 14, 2019 | Author: yulfa henim rumita | Category: N/A
Share Embed Donate


Short Description

baba 1...

Description

BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar belakang Derasnya arus globalisasi yang semakin mempengaruhi kehidupan sosial masyarakat dunia, dunia, juga juga mempen mempengar garuhi uhi muncul munculny nyaa masalah masalah atau atau penyimp penyimpang angan an etik etik sebagai sebagai akibat akibat kemajuan kemajuan teknologi teknologi atau ilmu pengetahua pengetahuan n yang menimbulkan menimbulkan konflik konflik terhadap terhadap nilai. nilai. Arus Arus kesejahteraan ini tidak dapat dibendung, pasti akan mempengaruhi pelayanan kebidanan. Dalam hal ini bidan yang praktek mandiri menjadi pekerja yang bebas mengontrol dirinya sendi sendiri ri.. Situ Situas asii ini ini akan akan besa besarr seka sekali li peng pengaru aruhn hnya ya terha terhada dap p kemu kemung ngki kina nan n terja terjadi diny nyaa  penyimpangan etik. Masalah etik tentang kesehatan yang muncul di masyarakat belakangan ini semakin terlihat. Misalnya saja, kasus aborsi.Di sisi lain aborsi dengan alasan non medik dilarang dengan keras di Indonesia tapi di sisi lainnya aborsi ilegal meningkatkan resiko kematian akibat akibat kurang kurangny nyaa fasilita fasilitass dan prasara prasarana na medis, medis, bahkan bahkan aborsi aborsi ilegal ilegal sebagi sebagian an besarny besarnyaa dilakukan dilakukan dengan dengan cara tradisional tradisional yang semakin meningkatk meningkatkan an resiko tersebut.bukan tersebut.bukan hanya hanya kasus aborsi melainkan juga kasus adopsi atau pengangkatan anak dan perdagangan manusia. Bidan Bidan sebagai sebagai pember pemberii pelaya pelayanan nan harus harus menjam menjamin in pelaya pelayanan nan yang yang profes profesion ional al dan akuntabilitas serta aspek legal dalam pelayanan kebidanan. Bidan sebagai praktisi pelayanan harus menjaga perkembangan praktik berdasarkan evidence based fakta yang ada! sehingga  berbagai dimensi etik dan bagaimna kedekatan tentang etika merupakan hal yang penting untuk digali dan dipahami.

1.2 Rumusan Masalah Adapun perumusan masalah yang akan dibahas adalah sebagai berikut" #. Apa Apa saja saja isu$is isu$isu u lega legall dala dalam m kebi kebida dana nan n yang yang terk terkait ait deng dengan an abor aborsi, si,ad adop opsi si atau atau  pengangkatan anak dan perdagangan manusia% &. Bagaimana Bagaimana peran tentang tentang kasus kasus yang berkaita berkaitan n dengan isu$isu isu$isu legal legal dalam pelayan pelayanan an kebidanan%

1.3 Tujuan 'embuatan makalah ini bertujuan untuk mengetahui tentang " #. (ntu (ntuk k meng mengeta etahu huii apa apa saja saja isu$i isu$isu su lega legall dalam dalam kebi kebida danan nan yang yang terk terkait ait deng dengan an aborsi,adopsi atau pengangkatan anak dan perdagangan manusia% &. (ntuk mengetah mengetahui ui bagaimana bagaimana peran peran tentang tentang kasus kasus yang berkaitan berkaitan dengan dengan isu$isu isu$isu legal legal dalam pelayanan kebidanan%

1

BAB  PEMBAHA!AN 2.1 Ab"rs# Menggugurkan kandungan atau dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah )abortus*.berarti pengeluaran hasil konsepsi pertemuan sel telur dan sel sperma! sebelum  janin dapat hisup diluar kandungan.ini adalah suatu peoses pengakhiran hidup dari janin sebelum diberi kesempatan untuk bertumbuh. Dalam dunia kedokteran dikenal + macam aborsi yaitu " #. Aborsi Spontan atau alamiah " berlangsung tanpa tindakan. ebanyakan disebabkan karena kurang baiknya kualitas sel telur dan sel sperma. &. Aborsi buatan atau sengaja " pengakhiran kehamilan sebelum usia kandungan &- minggu sebagai suatu akibat tindakan yang disengaja dan disadari oleh calon ibu maupun  pelaksana aborsi. +. Aborsi trapeutik atau medis " pengguguran kandungan buatan yang dilakukan atas indikasi medik. Sebagai contoh, calon ibu yang sedang hamil tetapi mempunyai  penyakit darah tinggi menahun atau penyakit jantung yang parah yang dapat membahayakan baik calon ibu maupun janin yang dikandungnya. etapi ini semua atas  pertimbangan medis yang matang dan tidak tergesa$gesa.

a. Alasan Aborsi Aborsi dilakukan oleh seorang /anita hamil baik yang telah menikah maupun yang  belum menikah dengan berbagai alasan. Akan tetapi alasan yang paling utama adalah alasan$ alasan yang non$medis termasuk jenis aborsi buatan atau sengaja! Alasan yang sering dilontarkan adalah masih terlalu muda terutama mereka yang hamil di luar nikah!, aib keluarga, atau sudah memiliki banyak anak. Ada orang yang menggugurkan kandungan karena tidak mengerti apa yang mereka lakukan, sebaliknya hanya menunjukkan ketidakpedulian seorang /anita yang hanya memikirkan kepentingannya sendiri. Data ini juga didukung oleh studi dari Aida orres dan 0ac1ueline Sarroch 2orrest #33-! yang menyatakan bah/a hanya #4 kasus aborsi karena perkosaan atau incest hubungan intim satu darah!, +4 karena membahayakan nya/a calon ibu, dan +4 karena  janin akan bertumbuh dengan cacat tubuh yang serius. Sedangkan 3+4 kasus aborsi adalah karena alasan$alasan yang sifatnya untuk kepentingan diri sendiri termasuk takut tidak  mampu membiayai, takut dikucilkan, malu atau gengsi.

 b. 5ukum Aborsi Menurut hukum$hukum yang berlaku di Indonesia, aborsi atau pengguguran janin termasuk kejahatan, yang dikenal dengan istilah )Abortus 'rovocatus 6riminalis* 7ang menerima hukuman adalah" a.

Ibu yang melakukan aborsi

 b.

Dokter atau bidan atau dukun yang membantu melakukan aborsi

2

c.

8rang$orang yang mendukung terlaksananya aborsi

UU $esehatan N".23 Tahun 1%%2 Pasal 1&' 1.

Dalam keadaan darurat sebagai upaya untuk menyelamatkan ji/a ibu hamil dan atau  janinnya, dapat dilakukan tindakan medis tertentu. &.

indakan medis tertentu sebagaimana dimaksud dalam ayat # hanya dapat dilakukan"

+.

Berdasarkan indikasi medis yang mengharuskan diambilnya tindakan tersebut.

9. 8leh tenaga kesehatan yang mempunyai keahlian dan ke/enangan untuk itu dilakukan sesuai dengan tanggung ja/ab profesi erta berdasarkan pertimbangan tim ahli. :.

Dengan persetujuan ibu hamil yang bersangkutan atau suami atau keluarganya.

;.

'ada sarana kesehatan tertentu..

Sedangkan, Pasal ()' #. Barangsiapa dengan sengaja melakukan tindakan medis tertentu terhadap ibu hamil yang tidak memenuhi ketentuan sebagaimana dimaksud dalam pasal #: ayat #! dan ayat 3&!, dipidana dengan pidana penjara paling lama #: liam belas! tahun dan  pidana denda paling banyak ubuk uda ?ang Marco Sentosa >ama yang digerebek  anggota
View more...

Comments

Copyright ©2017 itdaklak.info Inc.
SUPPORT itdaklak.info