Leaflet

March 8, 2019 | Author: Xsar Aritama | Category: N/A
Share Embed Donate


Short Description

ok bro...

Description

Penyebab Penyebab dispepsia bervariasi dari psikis sampai kelainan serius seperti kanker lambung. Ada dua tipe dispepsia yakni organik dan fungsional. Dispepsia fungsional adalah dispepsia yang terjadi tanpa adanya kelainan organ lambung. Dispepsia organik adalah dispepsia yang disebabkan adanya kelainan struktur organ percernaan (perlukaan, kanker).

Beberapa kebiasaan yang bisa m e nye b a b ka n d i s p e ps i a adalah  Mengunyah dengan mulut terbuka atau sambil berbicara  menelan makanan tanpa dikunyah (biasanya konsistensi makanannya cair  merokok, konsumsi kafein (kopi), alkohol, atau minuman yang sudah dikarbonasi (softdrink), atau makanan yang menghasilkan gas (tape, nangka, durian).  Ya n g p a l i n g s e r i n g dilupakan orang adalah faktor stres/tekanan psikologis yang berlebihan

Hindari penyebabnya perut pun aman dari dyspepsia

Terapi Terapi dini terhadap dispepsia adalah dengan mengkonsumsi obat yang bisa menetralkan atau menghambat produksi yang berlebih asam lambung. Bisa juga diberikan obat yang memperbaiki pergerakan lambung.

Pencegahan Hindari makanan yang dapat meningkatkan asam lambung, menghindari faktor risiko seperti alkohol, makanan yang pedas, obat-obatan yang berlebihan, nikotin rokok, dan stress serta mengatur pola makan.

HINDARI PENYEBABNYA

PERUT PUN AMAN DARI DYSPEPSIA

Gejala Kumpulan gejala tersebut adalah rasa tidak nyaman, mual, muntah, nyeri ulu hati, lambung

merasa

penuh/sebah, kembung, sendawa, cepat kenyang, perut keroncongan, hingga kentut-kentut. Gejala itu bisa akut, berulang, dan bisa juga menjadi kronis. Disebut kronis jika gejala itu berlangsung lebih dari satu bulan terus-menerus.

Definisi Dispepsia berasal dari bahasa Yu n a n i y a n g b e r a r t i "pencernaan yang jelek". Per definisi dikatakan bahwa dispepsia adalah ketidaknyamanan bahkan hingga nyeri pada saluran pencernaan terutama bagian atas. Dispepsia merupakan suatu sindroma (kumpulan gejala) yang mencerminkan gangguan saluran cerna.

Kenali Gejala Dyspepsia

oleh : Nadhifa Firdausi

View more...

Comments

Copyright ©2017 itdaklak.info Inc.
SUPPORT itdaklak.info