Naskah Role Play Hipertensi pada Konteks Keluarga.docx

March 8, 2019 | Author: Indriyani S | Category: N/A
Share Embed Donate


Short Description

Download Naskah Role Play Hipertensi pada Konteks Keluarga.docx...

Description

Naskah Role Play Hipertensi pada Konteks Keluarga Peran: Bapak S(42 tahun) Ibu K (32 tahun) Anak J (17 tahun) Anak A (10 tahun) Anak D (3 tahun) Dokter Ibu Kader Mahasiswa Perawat 1 Mahasiswa Perawat 2 Mpok Warteg Penanggung Jawab Puskesmas Di jalan melati 2 bekasi terdapat sebuah keluarga yang terkenal karena meskipun kaya raya tetapi tetap dermawan kepada tetangga sekitarnya, yaitu keluarga bapak S. Bapak S mempunyai satu istri yang bernama ibu K dan memiliki 3 anak yang bernama J, A, dan D. Ibu K sangat memanjakan anak-anaknya namun semua itu berubah ketika anaknya bernama J terjerumus dalam pergaulan yang tidak baik, anak J mengkonsumsi mengkonsumsi narkoba hingga pada akhirnya anak J direhabilitasi RS KO

Bapak S

: ini semua terjadi karena ibu terlalu memanjakan anak kita terutama J, inilah hasilnya anak kita jadi terjerumus pergaulan yang tidak baik, apa yang dia minta selalu ibu turuti.

Ibu K

: loh, ko bapak jadi nyalahin ibu sih? Padahal kenyataannya bapak terlalu sibuk kerja sampe lupa sama keluarga sendiri, giliran keluarga orang lain aja di urusin, jadi semua ini salah ibu?

Anak A & D : Ibu Ibu kenapa sama bapak ko jadi berantem? Anak A

: Kenapa bapak dan ibu jadi saling menyalahkan? Kita harus mengambil hikmah dari semua kejadian ini

Bapak S

: Sudah-sudah kalian ke kamar sana, jangan ikut campur urusan orang tua.

Bapak S pun pergi meninggalkan rumah dengan keadaan marah, ibu K dan kedua anaknya tetap dirumah dengan perasaan sedih.

Anak D

: Ibu aku lapar?

Ibu K

: Kamu lapar nak? Maafkan ibu nak ibu belum sempat masak, kepala ibu  pusing. Ya sudah sekarang ibu pergi keluar untuk membeli lauk.

Akhirnya ibu pergi untuk membeli lauk di warteg

Ibu K

: Permisi bu, ada sayur apa aja ni?

Mpok W

: ada sayur bayam, sayur asem, sayur sop dan sayur nangka.

Ibu K

: Wah kayanya enak tuh sayur asem, soalnya lagi pusing juga nih, enak makan yang segar-segar. Oh iya bu ada ikan asin sama sa mbal terasinya juga nggak?

Mpo w

: wah saya mah lengkap bu, Ibu mau ayamnya juga nggak nih? ( sambil membungkus pesanan ibu K )

Ibu K

: Iya boleh bu, buat anak saya.

Beberapa hari kemudian ibu K merasa kesehatannya memburuk, kepalanya terasa sangat berat dan pusing, ibu K juga tidak bisa tidur dalam beberapa hari karena banyak pikiran. beber

Ibu K

: Aduh kepala ku pusing banget, kenapa ya? (sambil mengeluh dan memegang kepala)

Anak A

: ibu bagaimana kalau kita puskesmas aja, aku denger hari ini ada pemeriksaan kesehatan gratis bu. Ibu aku telepon bapak ya agar bapak cepat pulang kerumah. ( sambil nelpon bapak S, anak A memberitahukan agar bapak menyusul ke puskesmas )

Ibu K

: yasudah nak, ayo kita pergi bersama-sama.

#Dipuskesmas Penanggung jawab puskesmas bersama dengan dokter sedang mengarahkan mahasiswa keperawatan untuk ikut dalam kegiatan pemeriksaaan kesehatan masyarakat di jalan melati 2 bekasi.

Penanggung Jawab puskesmas

: assalamualaikum, selamat pagi salam sejahtera untuk kita semua, pertama-tama saya mengucapkan terima kasih atas partisipasi tim dokter, perawat, dan mahasiswa dalam kegiatan pemeriksaan kesehatan yang diadakan oleh puskesmas kecamatan jati warna. Hari ini kita akan melakukan pemeriksaan kesehatan kerumah masyarakat dijalan melati 2 oleh karena itu diharapkan

semua pihak dapat bekerjasama dengan baik dalam kegaiatan ini. tim pemeriksaan kesehatan masyarakat langsung menuju lokasi ke jalan melati 2 bekasi disana mereka bertemu dengan ibu kader.

Ibu kader

: assalamualaikum, selamat pagi perkenalkan saya ibu tati selaku ibu kader dijalan melati 2, disini kami akan mendampingi tim kesehatan untuk memeriksa kesehatan ke setiap rumah warga.

Ibu kader pun mengarahkan tim pemeriksaan kesehatan ke tiap-tiap rumah masingmasing. Pemeriksaan kesehatan dilakukan. Ternyata sebagian besar masyarakat dijalan melati 2 mengalami hipertensi salah satunya ibu K. #Mahasiswa perawat pun mengkaji ibu K

Mahasiswa

: Selamat pagi bu, perkenalkan saya mahasiswa perawat dari poltekkes jakarta 3 disini saya ditugaskan dari puskesmas cipayung untuk mempertahankan kesehatan keluarga ibu,nah agar lebih jelasnya bolehkah saya masuk bu?

Ibu K

: iya silahkan masuk neng, maaf ya rumahnya berantakan.,

Mahasiswa

: iya perkenalkan bu nama saya........disini saya ditugaskan oleh puskesmas cipayung untuk mempertahankan kesehatan ibu, apakah benar ini dengan ibu K?

Ibu K

: iya benar

Mahasiswa

: sesuai data yang saya dapat dari puskesmas cipayung, bahwa di RW ini ternyata banyak warga yang mempunyai penyakit hipertensi salah satunya keluarga ibu. Apakah benar ibu K mempunyai penyakit hipertensi ?

Ibu K

: iya sus, benar kepala saya sering pusing, beberapa minggu yang lalu saya sudah periksa ke puskesmas dan hasilnya benar saya mengidap penyakit hipertensi.

Mahasiswa

: berarti benar ya bu, ibu mempunyai penyakit hipertensi, nah saya dinas dipuskesmas cipayung selama 1 minggu dari hari senin-sabtu pukul 08:00  –  16:00. Karena disini saya ditugaskan oleh puskesmas untuk mempertahnkan kesehatan keluarga ibu, selama 1 minggu kiranya ibu ada hari apa saja dan  pukul berapa?

Ibu K

: oh gitu ya sus, sebenarnya si saya tidak terlalu sibuk, tapi boleh deh di hari selasa jam 10:00, kamis jam 14:00, jumat jam 10:00.

Mahasiswa

: saya ulang ya bu, selasa jam 10:00, kamis jam 14:00 dan jumat jam 10:00, apakah benar?

Ibu K

: Iya benar sus?

Mahasiswa

: berarti benar ya bu. Selama 3 kali pertemuan ini saya akan mengkaji, memeriksa kesehatan ibu dan keluarga serta memberikan penyuluhan keterampilan keperawatan. Berarti sekarang ibu sudah mengerti yah , saya sudah menulis jadwal pertemuan dengan ibu di selembar kertas ini nah agar kita sama sama tidak lupa dan sama sama mengerti. Silahkan bu TTD.

Ibu K

: oh iya baik (sambil TTD)

Mahasiswa

: nah ibu sudah menandatangani, jika nanti ibu berhalangan ibu bisa menghubungin nomor saya, dan sebaliknya bu. ( sambil mencatat nomor). Yasudah sekarang saya pamit pulang bu, besok sesuai jadwal saya akan mendatangi ibu, permisi..

Akhirnya mahasiswa pamit dari rumah ibu K , dan keesokan harinya mahasiswa pun datang untuk memeriksa kesehatan ibu K dan keluarga. # hari selasa pukul 10:00

Mahasiswa

: permisi selamat pagi ibu, sesuai perjanjian yang kemarin, saya akan memeriksa kesehatan ibu dan keluarga, sambil menunggu keluarga ibu saya langsung tensi ya bu?

Ibu K

: iya silahkan sus

Mahasiswa pun langsung melakukan pengecekan tekanan darah menggunkan tensi meter.

Mahasiswa

: wah ibu tekanan darah ibu tinggi 160/90 mmHg. Ibu merasa pusing terus  penglihatan ibu kabur tidak ?

Ibu k

: iya sus kadang-kadang suka kaya gitu dan sekarang saya juga merasakan  pusing

Mahasiswa

: nah sekarang saya mau tanya, ibu sering olahraga tidak?, lalu makan makanan apa saja setiap harinya?

Ibu K

: jarang sus, sekarang saya sering tidur karena banyak pikiran, lalu makanan yang saya konsumsi bermacam-macam namun karena saya suka sekali dengan ikan asin dan sayur asem menu itu akan selalu ada di saat saya makan.

Mahasiswa

: ibu sebelumnya ibu sudah minum obat apa untuk mengatasi pusing ibu?

Ibu K

: Iya sus, sebelumnya saya hanya minum obat dari warung saja sus.

Mahasiswa

: ohiya tadi ibu bilang sering istirahat di karenakan banyak pikiran ya bu ? kalau bisa jangan hanya beristirahat tidur saja bu, tetapi lakukan hal hal yang membuat beban pikiran yang ibu rasakan terasa ringan.

Ibu K

: Iya sus, selain tidur harus melakukan apa lagi ya agar beban pikiran saya terasa lebih ringan karena saya bingung harus bagaimana sus.

Mahasiswa

: ada caranya bu untuk meringankan beban pikiran ibu, dengan cara senam relaksasi.

Ibu K

: Wah boleh tau sus caranya seperti apa ?

Mahasiswa

: sangat boleh bu, besok kita akan melakukannya bersama sama ya bu, kalau  bisa ajak keluarga ibu yang lain juga yaa, ohiya bu tadi juga ibu menyebutkan  bahwa suka makan ikan asin ya ?

Ibu K

: Iya saya sangat suka sekali sus,

Mahasiswa

: jadi seperti ini bu, makanan yang asin asin jika sering dikonsumsi juga bisa menyebabkan tekanan darahnya naik. Jadi ibu kurangi makanan yang asin asin yaa.

Ibu K

: oh gitu ya sus, baik baik sus terimakasih sus sudah memberitahukan informasi ini.

Mahasiswa

: iya bu sama sama , baiklah berarti pertemuan yang akan datang kita akan  berlatih senam relaksasi yaa, kalau begitu saya pamit pulang ya bu , permisi  bu.

Ibu K

: iya hati hati sus,

Keesokan harinya ibu W beserta ibu yang terkena hipertensi mengikuti senam relaksasi yang diadakan puskesmas. Ibu kader : selamat pagi ibu , kegiatan hari ini adalah senam refleksi untuk ibu yang hipertensi. Kegiatan ini akan di pandu oleh penanggung jawab puskesmas serta mahasiswa perawat. Kepada Kepada penanggung jawab puskesmas dipersilahkan Penanggung jawab puskesmas : selamat pagi ibu ibu ,,gimana siap untuk senam hari in

Dokter

: wah tekanan darah tinggi itu sangat berbahaya ibu, salah satunya dapat menimbulkan penyakit komplikasi seperti stroke, pecahnya pembuluh darah diotak, sakit jantung, bahkan sampai kematian.

Ibu K

: apakah penyakit saya bisa disembuhkan dokter?

Dokter

: penyakit hipertensi tidak dapat disembuhkan bu, tetapi bisa dikontrol agar tekanan darah ibu tidak tinggi, dengan cara rutin minum obat tekanan darah

tinggi, pola hidup dan makan yang sehat rajin olahraga dan istirahat yang teratur. Ibu k

: makanan apa saja yang harus saya hindari dokter?

Dokter

: makanan yang memiliki kadar garam yang tinggi seperti ikan asin, telor asin, sambal terasi dll.

Ibu K

: wah padahal saya suka sekali dokter sama ikan asin, sambel terasi tapi kayanya saya makannya Cuma sedikit dokter?

Dokter

: selain dari makanan bisa juga disebabkan oleh stress dan pola istirahat yang tidak baik bu

Ibu K

: Iya ni dokter belakang ini saya susah tidur karena banyak sekali masalah didalam keluarga saya.

Dokter

: apakah benar pak?

Bapak S

: iya dokter, belakangan ini keluarga ditimpa musibah, anak pertama kami terjerumus kasus narkoba dan sekarang harus di rehabilitasia. Semenjak itu istri saya menjadi sedih dan susah tidur.

Dokter

: baiklah bu saya akan meresepkan obat untuk darah tingginya, selain itu  permasalahan yang sedang bapak&ibu hadapi segera s elesaikan segera dengan kepala dingin agar, permasalahan ini cepet selesai agar beban pikiran  berkurang.

Bapak S

: Baik dok, terimakasih.

Setelah selesai pemeriksaan kesehatan ibu kader mengumpulkan warga untuk menginformasikan kegiatan senam relaksasi yang akan diadakan oleh puskesmas.

Ibu Kader

: ibu-ibu dan bapak-bapak sebagai tindak lanjut dari kegiatan pemeriksaan kesehatan akan diadakan kegiatan senam relaksasi bagi ibu-ibu dan bapak bapak yang mengalami tekanan darah tinggi diwajibkan untuk mengikuti senam tersebut. kegiatannya akan dilangsungkan pada hari sabtu depan jam 08:00 di lapangan.

Warga

: baik ibu.

Satu minggu kemudian ibu-ibu dan bapak-bapak yang mengalami tekanan darah tinggi mengikuti kegiatan senam relaksasi.

END..................................................

View more...

Comments

Copyright ©2017 itdaklak.info Inc.
SUPPORT itdaklak.info